Mengenal Aspek Komputer Teknis

Mengenal Aspek Komputer Teknis

Membahas masalah aspek komputer dibagi menjadi dua, yaitu Aspek Teknis dan Non Teknis, yang akan saya bahas di sini mengenal komputer dari segi aspek Teknis terlebih dahulu, kalau sobat ingin mengetahui aspek non teknis bisa dilihat di Aspek non teknis komputer, kembali lagi ke Aspek Teknis, aspek ini meliputi Hardware, Software, Brainware. Mungkin sabagian sobat sudah tahu aspek teknis diatas, tapi tidak ada salahnya kita mengulas kembali aspek teknis tadi, mulai dari:
1.      Hardware ( Perangkat Keras)
Hardware / Perangkat keras Yaitu 
menyangkut  semua  elemen  elektronik  dan  mekanik  dari  komputer, bersama dengan peralatan yang digunakan komputer.  Namanya juga perangkat keras berarti bisa disentuh Tentunya, perangkat keras atau hardware terdiri dari Komponen - komponen yang saling bekerja sama membentuk satu kesatuan. Apabila salah satu komponen tidak berfungsi, akan mengakibatkan tidak berfungsinya suatu komputer dengan baik. Hardware dapat dibagi menjadi dua kategori yaitu Input Device dan Output Device
1) Unit Masukan (Input Device)
Unit masukan berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar system ke dalam suatu memori dan prosesor untuk diolah guna menghasilkan informasi yang diperlukan.
a) Keyboard
Fungsi : memasukkan huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah lainnya yan­g diperlukan, seperti menyimpan file dan membuka file. Ini contoh gambar keyboard ,



b) Mouse
Mouse adalah pointing device yang berfungsi mendeteksi dua dimensi gerak relatif terhadap permukaan pendukungnya dan Fungsi lainnya untuk perpindahan pointer atau kursor secara cepat. Secara fisik , mouse terdiri dari 2 , 3 atau lebih bagian yang biasa kita gunakan 3 bagian , ada klik kanan klik kiri dan ditengah ada trackball yang biasanya menonjol diantara yang lain berfungsi untuk mendeteksi rotasi sekitar dua sumbu . Trackball diciptakan oleh Tom Cranston dan Fred Longstaff sebagai bagian dari Royal Canadian Navy sistem pada tahun 1952  . Di bawah ini adalah gambar trackball .


c) Joystick
Joystick adalah Salah satu contoh perangkat game adalah joystick . Joystick adalah perangkat kontrol umum yang terdiri dari tongkat genggam untuk mendeteksi sudut dalam dua atau tiga dimensi dan ada tombol-tombol untuk mengatur dalam bermain game atau joystick yang biasa kita gunakan untuk bermain game standar tanpa tongkat,







d) Scanner
Scaner adalah sebuah sebuah perangkat yang memberikan masukan dengan menganalisis gambar , teks tercetak , tulisan tangan , atau benda . Scaner sekarang sudah dimodif yaitu dengan menggabungkan printer dengan scaner dalam suatu kompnen .contoh gambar scaner tanpa printer.


e) Touch Pad
Fungsi  sebagai pengganti mouse pada laptop dan notebook. Terdapat model input device yang sejenis, yaitu pointing stick dan trackball. Begitu cepatnya kemajuan tekhnologi Touch pad sudah banyak digunakan di hp-hp,



f) Microphone
Fungsi untuk merekam suara yang akan disimpan dalam memori computer atau untuk berbicara pada orang yang kita inginka pada saat chatting atau yang lainnya.



2) Unit Keluaran (Output Device)
a) Monitor
Fungsi : memberikan informasi kepada pengguna komputer. 
b) Printer


Fungsi : menghasilkan informasi berupa tulisan atau gambar yang tercetak dalam kertas.

c) Plotter

Fungsi : untuk mencetak gambar ukuran yang cukup besar, seperti gambar mesin dan konstruksi bangunan.




d) Speaker
Fungsi : memberikan informasi dalam bentuk suara.







dan Tentunya masih banyak lagi macam input device dan output device,



Peralatan Input/Output (I/O Device)
·      Modem (MOdulator – DEModulator)adalah berfungsi untuk mengubah sinyal analog menjadi digital dan sebaliknya. Diperlukan untuk komunikasi data.
·      Console (Terminal)  adalah alat komunikasi antara operator dengan komputer sehingga merupakan alat (device) yang melakukan fungsi inputdan output.
·       Card Reader merupakan alat yang dapat membaca kartu plong (punch card). Kombinasi lubang  yang  terdapat  pada  kartu  diartikan  card  reader  sebagai  suatu  simbol  yang dimengerti oleh komputer.
·      Disk Drive (Penggerak Piringan) adalah merupakan penggerak untuk pemakaian media
·      floppy disk(disket) sebagai memori eksternal.
·      Tape Drive hampir sama dengan disk drive, tetapi untuk media tape (pita)
·      D-Drive adalah merupakan penggerak untuk pemakaian media Compact Disk (CD).
·      CD-ReadWriter  adalah  merupakan  alat  membaca  dan  menulis  pada  Compact  Disk (CD).

2.  Software (Perangkat Lunak)
Software / Perangkat Lunak Yaitu  komponen  dalam  data  processing  system  yang  berupa  program-program dan teknik-teknik lain untuk mengontrol sistem. Ingin tahu lebih banyak lagi Perangkat lunak komputer kunjungi di Software Komputer.

3.  Brainware( Pengguna Komputer)
Brainware  Yaitu orang yang bekerja dalam instansi komputer  dan beberapa masalah yang berhubungan dengannya.
Contoh : Analys System, Programmer dan lain-lain.
Ingin Tahu Lebih Banyak Lagi tentang Brainware ini, bisa langsung kunjungi Brainware.

Sekian sedikit ilmu tentang Aspek Teknis yang meliputi Hardware/ perangkat keras komputer, terimakasih dan salam. :)





Baca Juga Artikel Terkait Lainnya

Thanks For Your Comment Here

histats