Malicius software

Perangkat lunak yang berbahaya
( Malicius software)


Bukan Hanya di dunia yang nyata yang biasa kita lakukan yang selalu ada kejahatan disekitar kita yang suatu saat  bisa mengancam ketenangan hidup kita, di dunia maya/internet network juga ada yang namanya kejahatan perangkat lunak
yang berbahaya atau maleware, Perangkat Lunak Berbahaya ada macam-macam kategori, seeperti virus, worm, torjan horse dan lainnya.
Dibawah ini ada sedikit pengetahuan tentang ke-3nya,agar kita tahu apabila komputer atau alat elektronik yang menggunakan program berjalan kita terkena masalah, mungkin disebabkan diantara ke tiganya,

1. VIRUS

Virus adalah perangkat lunak yang dapat mereplikasi dengan menyuntikkan atau menginfeksi nya kode sendiri ke dalam file lain . virus bisa merusak software dan nantinya berakibat fatal ke program bisa juga ke hardwarenya, kenapa hardwarenya bisa terkena? Karena apabila software/program yang kita sedang gunakan mengalami kerusakan atau ketidak stabilan pada program saat dijalankan tentunnya sangat berpengaruh pada hardwarenya yang lama-kelamaan akan rusak dengan kinerjanya yang terganggu, virus sangat berbahaya bagi pengguna komputer, virus dibagi menjadi 3 kategori :
a.  Timpa (Overwriting)
Suatu jenis virus komputer yang akan code sendiri atas data file sistem komputer host , yang  menghancurkan program asli . Setelah sistem komputer Anda telah dibersihkan menggunakan Program antivirus
, pengguna perlu menginstal program asli lagi karena program sudah terjangkit virus, dan dibersihkan menggunakan anti virus.
b.  Menambahkan (Appending)
Sebuah virus yang menyisipkan salinan yang berbahaya kode pada akhir file . Tujuan dari menambahkan virus tidak merugikan tuan rumah program, tetapi untuk memodifikasi untuk memegang program virus , tetapi untuk memodifikasi untuk menahan virus kode dan kemudian dapat berjalan sendiri .
c.  Prepending
Virus ini mendefinisikan metode menggunakan menginfeksi file dengan menambahkan kode mereka ke awal mengajukan . Dengan melakukan ini , virus ini memastikan bahwa mereka diaktifkan bila file yang terinfeksi digunakan .

2. WORM

Worm juga merupakan jenis perangkat lunak berbahaya . Hal ini berbeda dari virus, worm tidak dapat menyuntikkan dari menginfeksi file lainnya . worm adalah perangkat lunak yang meniru dengan membuat salinan sendiri . dan tanpa menginfeksi file lain . Worm sebenarnya menyebar melalui jaringan atau Internet menggunakan email . Di bawah ini adalah contoh dari worm disebut i love you . Worm Aku cinta kamu menyebar melalui apa yang disebut Aku cinta kamu . Worm i love you menyebar melalui Internet sebagai lampiran email. Biasanya worm akan melakukan sesuatu yang rumit untuk menipu email penerima . Yang pertama adalah menggunakan ekstensi file ganda. Di sebelah kiri sampel , worm Aku cinta kamu menggunakan dua ekstensi , yaitu TXT.VBS . Trik kedua adalah menggunakan rekayasa sosial . di contoh di atas , worm ini menggunakan nama "I LOVE YOU" yang mungkin tertarik untuk setiap penerima email . Siapa tidak membutuhkan cinta ? Jadi , efek dari trik ini adalah setiap body - email penerima - akan mengklik lampiran dari body- penerima - akan email klik lampiran yang sebenarnya adalah sebuah kode worm .

3. TROJAN HORSE

 Trojan horse berasal dari Yunani kuno . Trojan Horse adalah sebuah program yang terlihat seperti program yang baik tetapi sebenarnya berisi kode destruktif atau fitur destruktif . Trojan horse berbeda dari virus dan worm , trojan horse tidak bisa meniru dan tidak dapat menginfeksi file lainnya.

Ada banyak jenis trojan horse . Berikut adalah beberapa dari mereka :

a.  Pencuri password
   b.  Keylogger
   c.  Program palsu
d.  Anonymous emailer
e.  remote monitoring
f.  Remote administrator dll


Baca Juga Artikel Terkait Lainnya

Thanks For Your Comment Here

histats