Mengenal Istilah eCommerce

Mengenal Istilah eCommerce


·  E-Commerce, atau Electronic Commerce adalah istilahyang dipakai untuk berbagai jenis transaksi bisnis atau komersial yang melibatkan tranfer informasi melalui internet.
·  B2B(business to business) eCommerce
-      eCommerce antara usaha dan usaha baik pelanggan maupun pemasok (supplier)
-   Melakukan transaksi antar usaha ini secara  elektronik dapat banyak keuntungan seperti lebih cepat, lebih nyaman, lebih efisien.
-    Sebelum eCommerce berkembang di internet ada suatu sistem yang bernama EDI (Electronic  Data  Interchange)  yang  diterapkan  banyak  usaha.  EDI  memerlukan infratruktur  yang  lebih  kaku  dalam  penerapannya  sehingga  cenderung  lebih kompleks dan mahal penerapannya.
·   eMarketplace
-    eCommerce telah mendorong terbentuknya pasar-pasar tersendiri dimana pembeli dan penjual bisa bertemu dan berinteraksi dalam dunia maya.
·   B2C (business to consumer) eCommerce
-      eCommerce antara usaha dan konsumen secara langsung
-      Dengan  semakin  banyaknya  pribadi  yang  terhubung  pada  internet  maka  pasar B2C semakin potensial
-   Konsumen mendapatkan akses yang luas pada produk dan jasa yang ditawarkan secara online
-       Usaha mendapatkan akses pada pasar dan konsumen yang luas secara global
-     Manfaat  yang  didapat  secara  umum  sama  dengan  B2B  (cepat,  nyaman  dan efisien)
Contoh B2C
-      Amazon.com (retail buku dan berbagai jenis barang)
-      eBay.com  (lelang  berbagai  barang  bekas  pakai  secara online  (termasuk C2C atau consumer to consumer)

Komponen Utama Implementasi eCommerce
1.   Pengembangan Produk
Produk  dan  Jasa  harus  memiliki  keunggulan  dan  daya  saing  Dikembangkan  terus menerus (inovasi dan kualitas)
2.   Promosi
Produk dan Jasa memerlukan promosi yang efektif secara terus menerus
3.   Transaksi secara online
Membangun  infrastruktur  dan  mengoperasikan  fasilitas  terkait  yang  menjaga kenyamanan pelanggan (mudah, murah, cepat, berkualitas, responsif dll.)
4.    Product delivery
Produk digital dan jasa umumnya lebih mudah dikelola eCommerce sedangkan produk yang secara fisik memerlukan pengiriman memerlukan  proses bisnis yang efisien untuk dapat memenuhi standard dan tuntutan eCommerce.
5.    After-sales support

eCommerce memungkinkan pemanfaatan internet (email,situs web) untuk memberikan layanan  purna  jual.  Memerlukan  keterpaduan  seluruh  sistem  dan  prosedur  pada  pelaku bisnis.


Baca Juga Artikel Terkait Lainnya

Thanks For Your Comment Here

histats