Mengenal Aspek Komputer Teknis
Membahas masalah aspek komputer dibagi menjadi dua, yaitu Aspek
Teknis dan Non Teknis, yang akan saya bahas di sini mengenal komputer dari segi
aspek Teknis terlebih dahulu, kalau sobat ingin mengetahui aspek non teknis
bisa dilihat di Aspek non teknis komputer, kembali lagi ke Aspek Teknis,
aspek ini meliputi Hardware, Software, Brainware. Mungkin sabagian sobat sudah
tahu aspek teknis diatas, tapi tidak ada salahnya kita mengulas kembali aspek
teknis tadi, mulai dari:
1.
Hardware ( Perangkat Keras)
Hardware
/ Perangkat keras Yaitu
menyangkut semua elemen elektronik dan mekanik dari komputer, bersama dengan peralatan yang digunakan komputer. Namanya juga perangkat keras berarti bisa disentuh Tentunya, perangkat keras atau hardware terdiri dari Komponen - komponen yang saling bekerja sama membentuk satu kesatuan. Apabila salah satu komponen tidak berfungsi, akan mengakibatkan tidak berfungsinya suatu komputer dengan baik. Hardware dapat dibagi menjadi dua kategori yaitu Input Device dan Output Device
menyangkut semua elemen elektronik dan mekanik dari komputer, bersama dengan peralatan yang digunakan komputer. Namanya juga perangkat keras berarti bisa disentuh Tentunya, perangkat keras atau hardware terdiri dari Komponen - komponen yang saling bekerja sama membentuk satu kesatuan. Apabila salah satu komponen tidak berfungsi, akan mengakibatkan tidak berfungsinya suatu komputer dengan baik. Hardware dapat dibagi menjadi dua kategori yaitu Input Device dan Output Device
1) Unit Masukan (Input Device)
Unit masukan berfungsi
sebagai media untuk memasukkan data dari luar system ke dalam suatu memori dan
prosesor untuk diolah guna menghasilkan informasi yang diperlukan.
a) Keyboard
Fungsi : memasukkan
huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk
melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan file
dan membuka file. Ini contoh gambar keyboard ,
b) Mouse
Mouse adalah
pointing device yang berfungsi mendeteksi dua dimensi gerak relatif terhadap
permukaan pendukungnya dan Fungsi lainnya untuk
perpindahan pointer atau kursor secara cepat.
Secara fisik , mouse terdiri dari 2 , 3 atau lebih bagian yang biasa kita
gunakan 3 bagian , ada klik kanan klik kiri dan ditengah ada trackball yang
biasanya menonjol diantara yang lain berfungsi untuk mendeteksi rotasi sekitar
dua sumbu . Trackball diciptakan oleh Tom Cranston dan Fred Longstaff sebagai
bagian dari Royal Canadian Navy sistem pada tahun 1952 . Di bawah ini adalah gambar trackball .
c) Joystick
Joystick adalah
Salah satu contoh perangkat game adalah joystick . Joystick adalah perangkat
kontrol umum yang terdiri dari tongkat genggam untuk mendeteksi sudut dalam dua
atau tiga dimensi dan ada tombol-tombol untuk mengatur dalam bermain game atau
joystick yang biasa kita gunakan untuk bermain game standar tanpa tongkat,
d) Scanner
Scaner
adalah sebuah sebuah perangkat yang memberikan masukan dengan menganalisis
gambar , teks tercetak , tulisan tangan , atau benda . Scaner sekarang sudah
dimodif yaitu dengan menggabungkan printer dengan scaner dalam suatu kompnen
.contoh gambar scaner tanpa printer.
e) Touch Pad
Fungsi sebagai pengganti mouse pada laptop
dan notebook. Terdapat model input device yang sejenis, yaitu pointing stick
dan trackball. Begitu cepatnya kemajuan tekhnologi Touch pad sudah banyak
digunakan di hp-hp,
f) Microphone
Fungsi untuk merekam suara yang akan disimpan dalam memori computer atau untuk
berbicara pada orang yang kita inginka pada saat chatting atau yang lainnya.
2) Unit Keluaran (Output Device)
a) Monitor
b) Printer
Fungsi : menghasilkan informasi berupa tulisan atau gambar yang tercetak dalam kertas.
c) Plotter
Fungsi : untuk mencetak gambar ukuran yang cukup besar, seperti gambar mesin dan konstruksi bangunan.
d) Speaker
Fungsi : memberikan
informasi dalam bentuk suara.
Peralatan Input/Output (I/O Device)
· Modem (MOdulator – DEModulator)adalah berfungsi untuk mengubah
sinyal analog menjadi digital dan sebaliknya. Diperlukan untuk komunikasi data.
· Console (Terminal) adalah
alat komunikasi antara operator dengan komputer sehingga merupakan alat
(device) yang melakukan fungsi inputdan output.
· Card Reader merupakan alat
yang dapat membaca kartu plong (punch card). Kombinasi lubang yang
terdapat pada kartu
diartikan card reader
sebagai suatu simbol
yang dimengerti oleh komputer.
· Disk Drive (Penggerak Piringan) adalah merupakan penggerak untuk
pemakaian media
· floppy disk(disket) sebagai memori eksternal.
· Tape Drive hampir sama dengan disk drive, tetapi untuk media tape
(pita)
· D-Drive adalah merupakan penggerak untuk pemakaian media Compact
Disk (CD).
· CD-ReadWriter adalah merupakan
alat membaca dan
menulis pada Compact
Disk (CD).
2.
Software (Perangkat Lunak)
Software / Perangkat Lunak Yaitu komponen
dalam data processing
system yang berupa
program-program dan teknik-teknik lain untuk mengontrol sistem. Ingin tahu
lebih banyak lagi Perangkat lunak komputer kunjungi di Software Komputer.
3.
Brainware( Pengguna Komputer)
Brainware Yaitu orang yang bekerja dalam instansi
komputer dan beberapa masalah yang berhubungan
dengannya.
Contoh
: Analys System, Programmer dan lain-lain.
Ingin
Tahu Lebih Banyak Lagi tentang Brainware ini, bisa langsung kunjungi Brainware.
Sekian sedikit ilmu tentang Aspek Teknis yang meliputi Hardware/ perangkat keras komputer, terimakasih dan salam. :)
Sekian sedikit ilmu tentang Aspek Teknis yang meliputi Hardware/ perangkat keras komputer, terimakasih dan salam. :)
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya